Menghindari Kecelakaan Transportasi

Di zaman modern kini, era globalisasi semakin berpengaruh di kehidupan manusia. Jarak yang jauh dan memakan waktu yang lama, kini semakin mudah untuk ditempuh dalam waktu yang singkat dengan biaya minim. Dulu, kominukasi sangat sulit sehingga orang-orang saling berkirim informasi dengan surat. Informasi sebulan yang lalu bisa saja baru sampai hari ini. Namun sekarang, semua masalah itu dapat terpecahkan dengan adanya teknologi yang mampu memberikan layanan pengiriman pesan dengn cepat, mudah dan hemat.

Sama halnya dengan transportasi di era modern saat ini. Dulu, orang berpergian menggunakan kapal, kereta uap, dan kuda. Dengan menggunakan kendaraan tersebut, perjalanan yang sangat jauh sulit sekali di jangkau. Namun, perjalanan yang dulu ditempuh selama sebulan, sekarang dapat kita jalani hanya dalam waktu sejam.

Melihat kecerobohan manusia. Seringkali, kendaraan yang nyaman tersebut justru membahayakan.  Mungkin, karena si pengemudi mengantuk, berkendara dengan kecepatan tinggi, melanggar rambu-rambu lalu lintas, dan banyak hal yang manusia sering remehkan.

Jika dilihat baik-baik, ada beberapa factor penyebab terjadinya kecelakaan dalam berkendaraan, yaitu:

  • Faktor Manusia

Faktor manusia adalah faktor yang paling dominan jika terjadi peristiwa kecelakaan lalu lintas. Banyak kondisi dimana pengemudi menjadi penyebab kecelakaan seperti melanggar rambu lalu lintas baik disengaja maupun tidak, memaksakan diri berkendara padahal kondisi tubuh tidak memungkinkan misalnya mengantuk dan sakit. Untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan akibat faktor manusia, sebaiknya Anda meningkatkan kesadaran akan pentingnya tertib berlalu lintas dan tidak memaksakan diri bila kondisi tidak memungkinkan. Jika Anda mengantuk ketika diperjalanan sebaiknya menepilah di tempat yang aman dan beristirahat (tidur) untuk mengembalikan kondisi tubuh.

  • Faktor Kendaraan

Faktor kendaraan juga menjadi penyebab terjadinya kecelakaan. Misalnya adalah pecah ban, rem blong, dan komponen mobil yang seharusnya diganti tetapi tidak diganti sehingga komponen tersebut tidak berfungsi sebagaimana seharusnya. Untuk meminimalisir kecelakaan yang disebabkan karena faktor kendaraan, sudah sepatutnya Anda melakukan perawatan dan perbaikan kendaraan secara berkala. Dan jangan lupa selalu memeriksa kondisi kendaraan sebelum berpergian.

  • Faktor Jalan

Kecelakaan lalu lintas pun bisa dipengaruhi oleh faktor jalan. Seperti permukaan jalan yang tidak rata, lampu jalanan yang kurang memadai, pagar pengaman jalan, dan jalan yang berlubang. Memang ini menjadi tanggung jawab pemerintah untuk menyelesaikannya. Namun kita sebagai pengguna jalan lebih baik mengantisipasinya dengan lebih waspada agar tidak terjadi kecelakaan di jalan.

  • Faktor Cuaca

Kondisi cuaca juga dapat menjadi biang keladi kecelakaan, misalnya ketika hujan maka jarak pengereman akan lebih jauh karena jalan licin terkena guyuran hujan. Kabut juga dapat menggangu kita dalam berkendara karena jarak pandang menjadi terbatas. Untuk itu jika dihadang cuaca buruk sudah sepatutnya Anda meningkatkan kewaspadaan agar terhindar dari kecelakaan lalu lintas.

Untuk menghindari kecelakaan lalu lintas, beberapa tips mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas yang mungkin akan berguna. Yaitu:

  1. 1.       Pelajari & Taati Peraturan

Di jalan raya terdapat banyak sekali peraturan dan rambu-rambu lalu lintas, seperti laju jalur aman, batas kecepatan, simbol rambu-rambu, dan banyak lagi. Mempelajari peraturan dan rambu-rambu lalu lintas sangatlah penting untuk meminimalisir resiko terjadinya kecelakaan kendaraan bermotor.

  1. 2.       Periksa Kondisi Kendaraan Bermotor

Bila anda adalah pengendara motor aktif yang berkendara setiap hari, maka sangat disarankan agar mengecek kondisi kendaraan bermotor secara rutin, seperti kampas rem/kopling, minyak rem, rantai motor, lampu depan/belakang, lampu sein, klakson, dsb. Upaya mencegah kecelakaan kendaraan bermotor dapat dimulai dari upaya menjaga kondisi kendaraan motor yang dipergunakan.

  1. 3.       Hindari Kebut-Kebutan

Kebut-kebutan adalah salah satu faktor tertinggi penyebab kecelakaan. Tidak jarang, kecelakaan bermotor menyebabkan seseorang luka parah hingga kehilangan nyawa. Mengendarai motor dengan kecepatan yang melampaui batas bukan saja membahayakan diri anda, tetapi juga orang lain. Dengan laju kendaraan yang cukup tinggi akan sulit bagi anda untuk: menghindari lubang jalan yang tak terduga, menghindari kendaraan maupun pejalan kaki yang muncul tiba-tiba, maupun menghindari resiko tak terduga lainnya. Mengendarai kendaraan dengan kecepatan normal merupakan tips penting untuk mencegah kecelakaan bermotor.

  1. 4.       Jangan Ngelamun

Salah satu faktor kecelakaan yang terjadi pada umumnya, seperti istilahnya adalah: ‘kalau tidak menabrak, yah, ditabrak!’ Hal itu memang kenyataan. Namun, adanya penyebab yang memicu kecelakaan biasanya adalah faktor keteledoran, seperti ngelamun pada saat berkendara. Fokus dan berkonsentrasi adalah salah satu tips mencegah kecelakaan bermotor yang sangat penting.

  1. 5.       Faktor Internal

Faktor terakhir, atau faktor internal berkaitan dengan kondisi mental seseorang. Waspadalah saat berkendara dalam kondisi suasana hati yang jelek, seperti emosi, marah-marah, egois, menghayal, dsb.

 

“Jangan lupa. Sebelum bepergian, selalu membaca basmalah dan selalu tawakkal kepada Allah SWT. Karena, keselamatan tentunya hanya datang dari Allah.”

Sumber:

http://www.kapsulpintar.com/2013/07/05/582/faktor-penyebab-kecelakaan-lalu-lintas.html

http://dinda-dimas.blogspot.com/2013/09/tips-mencegah-kecelakaan-kendaraan.html

[Fathimah NJL, santri angkatan ke-1, jenjang SMP, Pesantren Media]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s