AGENDA RAMADHAN; SANTRI PM MENGAJAR

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Setiap kebaikan, pahalanya dilipat gandakan. Maka pada bulan Ramadhan seharusnya kaum muslimin lebih banyak melakukan amal kebaikan dibanding bulan lainnya.

Demikian pula halnya santri-santri Pesantren Media. Kegiatan Ramadhan kali ini diisi dengan kegiatan belajar Al Qur’an untuk mengisi waktu sebelum berbuka puasa bersama anak-anak di sekitar Masjid Nurul Iman. Sama seperti agenda Ramadhan sebelumnya, santri mengisi anak-anak sambil menunggu waktu berbuka mulai jam 5 sampai azan Maghrib.

Biasanya masjid Nurul Iman mengadakan kegiatan belajar membaca Al-qur’an mulai jam 4 sore. Setelah jam 5, barulah santri-santri Pesantren Media mengambil alih anak-anak dengan mengelompokkannya dengan kakak-kakak santri yang telah ditentukan. Agenda jam 5 sampai 5.30 adalah menghafal.  Santri membimbing murid-muridnya untuk menghafal surat-surat dalam Juz Amma. Sedangkan agenda jam 5.30 sampai Maghrib adalah materi. Santri menjelaskan materi berkaitan dengan Islam kepada murid-muridnya.

Pada saat menyampaikan materi, ibu-ibu dari DKM Nurul Iman akan membagi-bagikan air putih dan kurma.  Santri mengkondisikan anak muridnya agar semua anak mendapatkan air putih dan kurma.

Sekitar 10 menit menjelang berbuka, semua anak membuat shaf seperti akan sholat. Kegiatan yang dilakukan adalah berdo’a bersama dipimpin oleh santri Ikhwan. Sebelum jam 5, santri sudah mengkondisikan bahwa anak muridnya sudah berwudhu terlebih dahulu sehingga tidak berebut ketika mengambil air wudhu sebelum sholat.

Anak-anak dan santri berbuka di masjid. Tidak lupa santri mengingatkan kepada anak-anak agar tidak  membuang  sampah  sembarangan.  Santri juga merapikan shaf anak-anak agar sholat Maghrib bisa dilakukan.

Setelah sholat, anak-anak akan berbaris untuk mengambil takjil yang akan dibagikan oleh ibu-ibu DKM Nurul Iman. [Fath]

 

Kak Umar Mengajar Kak Salma Mengajar Kak Qois Mengajar Kak Nissa Mengajar Kak Hanifa Mengajar Kak Fathur Mengajar Kak Fathimah Mengajar Kak Difa Mengajar Kak Daffa Mengajar Kak Anam Mengajar

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s