Di Hari Raya

Lebarannya sudah tiba, yok! Salam-salaman

Lebarannya sudah datang, yok! Maaf-maafan

Di hari yang fitri ini, bersilaturahmi

Berkumpul bersama-sama, sanak family

Ya, ini adalah cuplikan dari lagunya Ebith Beat A yang judulnya Lebaran yuu.. Lagu ini adalah salah satu lagu favorit saya sejak beberapa hari yang lalu. Dan bertepatan banget, sob! Kita kan masih dalam suasana lebaran. Ya nggak??

Sob, hari raya di dalam Islam itu ada dua. Yaitu Idul Fitri dan Idul Adha. Idul Fitri tuh hari raya yang mengakhiri puasa Ramadhan. Kalau Idul Adha itu yang mengakhiri ibadah Haji. Kita nih muslim di Indonesia, punya beberapa kegiatan khas di hari-hari istimewa ini. Nah, kali ini, saya akan menjelasan tentang hal-hal khas orang Indonesia di hari lebaran. Mau tahu? Lanjut…

Makan Ketupat

Wah.. Rasanya kurang, deh. Kalau pulang dari Sholat Ied, nggak ada ketupat. Dua hari sebelum hari raya, sudah banyak orang yang berjualan ketupat. Ketupat ini adalah nasi yang padat yang ditanak di dalam lipatan khas dari daun kelapa. Yah, mirip dengan lontong, sih. Tapi sensasinya beda kalau dimakan di hari raya.

Ketupat ini biasanya enak dimakan bareng opor, gulai, sayur, dan banyak lagi. Waaaah… Jadi laper, nih.

Silaturahim

Orang kadang menyebutnya silaturahmi. Tapi setahu saya, yang benar adalah silaturahim. Yaitu menyambung tali persaudaraan. Tapi kurang tahu juga, ya.

Seperti yang saya jelaskan, silaturahim ini adalah menyambung tali persaudaraan. Berkunjung ke rumah saudara, tetangga, teman, ya pokoknya agar terus terjalin hubungan persaudaraan. Di sini, kita saling bermaafan, berbagi cerita, dan berbagi rezeki. Eh?

Baju Baru?

Lebih tepatnya sih baju terbaik. Nggak harus baru. Hari raya adalah harinya orang muslim. Gampangnya, sih, memakai pakaian yang baik untuk hari yang baik. Paham, kan?

Potong Kambing

Kalau potong kambing, nih, cirinya Idul Adha. Selain kambing, ada juga hewan kurban yang lain. Yaitu sapi, domba, dan juga unta. Bagi anak-anak, ini adalah momen yang perlu ditonton. Entah mengapa ya. Saat saya kecil saya juga senang menonton acara pembunuhan kambing masal ini. Hihihi…

THR

Kalau yang ini bagian yang paling asyik. Biasanya adanya di hari raya Idul Fitri saat sedang berkunjung ke rumah saudara-saudara. By the way, kalian tahu THR kan? THR itu aslinya adalah Tunjangan Hari Raya. Itu di berikan kepada karyawan yang bekerja dan diberikan oleh kantor atau perusahaannya. Tapi bagi kita-kita, THR tuh kayak angpao gitu. Jadi paling ditunggu. Waks!

Kartu Lebaran

Mungkin ini jadul banget, ya. Tapi bagi beberapa orang, ucapan hari raya itu nggak lengkap kalau tanpa kartu lebaran. Termasuk saya. Hehe..

Wah.. Pokoknya di hari raya itu memang waktunya untuk kita bersenang-senang. Karena hari raya adalah hari kemenangan bagi kaum muslimin di seluruh dunia.

Ngomong-ngomong, sob, Fathimah dan keluarga mengucapkan, Selamat Hari Raya Idul Adha 1437 H. Selamat Lebaran!!

IMG_7066resize

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s