Kembali ke Sekolah

Waktu liburan telah berakhir. Back to school!! Eits, tunggu dulu, teman-teman. Jangan lupa satu hal. T-U-G-A-S.  Hayooo… Tugas liburannya udah dikerjain belum? Sebelum masuk sekolah, jangan lupa selesaikan tugas-tugasnya dulu, yaaa.. Nanti bu guru dan bapak guru kita yang baik hati bisa-bisa berubah jadi monster yang menyeramkan. Eh, enggak lah.

Kali ini Fathimah akan menceritakan kenangan liburan semester ini.

Pada liburan kali ini, Fathimah tidak melakukan sesuatu yang berbeda. Mungkin karena Fathimah tidak pergi jauh-jauh dari asrama. Paling jauh Fathimah dan keluarga pergi ke Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan. Kalau mau dibuat daftar kegiatan liburan, kira-kira begini, deh.

Buat teman-teman yang belum tahu, aku memiliki banyak sekali adik. Adik kandungku sendiri ada 4 orang. Dan kalau dijumlahkan, jumlah adikku ada 9 orang. Suatu hal yang luar biasa di era pemerintah masih menggulirkan keluarga berencana ini.

Salah satu kegiatan liburanku yang paling menonjol adalah bermain bersama adik-adikku. Mungkin sebenarnya bukan aku yang bermain. Tetapi aku yang membereskan hasil bermain mereka di kamarku.

Kalau kata orang lain, memiliki banyak adik memang merepotkan. Tapi kenyataannya aku senang memiliki banyak adik. Memang terkadang mereka menjengkelkan. Namanya juga adik.

Adik-adik kandungku sendiri beragam kehendak aktifitasnya. Dua adikku yang terbesar lebih sering beraktifitas menggunakan teknologi. Yah, walaupun cuma browsing, menonton film, atau memainkan permainan di smartphone. Tapi keduanya masih suka bermain mainan milik dua adikku yang kecil. Ketika keempatnya bermain di kamarku, aku hanya pasrah mempersiapkan diri untuk merapikan hasilnya nanti. Tidak jarang juga aku berteriak dan marah.

Kegiatan yang selanjutnya adalah bermain alat musik. Aku memainkan dua instrument music. Yaitu keyboard dan biola. Sebenarnya aku juga suka memainkan gitar di waktu senggang. Namun senar gitar yang ada di pesantren beberapa hari yang lalu putus senarnya. Aku harus menunggu sampai diperbaiki. Akhirnya aku berpuas diri dengan bermain biola. Aku masih dalam tahap pembelajaran. Tapi setidaknya aku sudah memahami dasarnya.

Aku lumayan menyukai music klasik seperti Canon, Fur Elise, dan lainnya. Aku ingin bisa memainkan Fur Elise dengan piano dan Canon dengan biola. Namun karena tidak ada yang mengajariku, aku berusaha belajar sendiri. Yah, memang tidak mudah. Bahkan sampai sekarang aku belum menguasai keduanya.

Kegiatan liburanku yang baru adalah belajar mengendarai sepeda motor. Aku menyadari bahwa aku memang harus bias mengendarai motor. Pengalaman di liburan kali ini, aku tidak bias pergi ke mana-mana karena tidak ada yang bisa mengantarkanku ke jalan raya. Jadi aku menyimpulkan bahwa aku harus bisa mengendarai kendaraan. Minimal motor dan mobil. Bagus kalau bisa mengendarai kendaraan lainnya. Mungkin pesawat atau helikompter. Hihihi..

Seperti sudah aku beritahu sedikit tadi, liburan kali ini aku juga pergi bersama keluargaku ke Taman Margasatwa Ragunan. Wah.. Senang sekali. Apalagi adik-adikku. Aku juga senang. Kami pergi dengan mobil legendaris pesantren, Panther. Hihihi.. Mobil itu sudah berkali-kali masuk ke bengkel. Bahkan aku pernah sekali merasakan ketika ban Panther meletus dan sekali merasakan bannya lepas. Sungguh pengalaman yang tak terlupakan. Alhamdulillah kami sampai kebun binatang dengan selamat, bertamasya dengan seluruh keluarga, dan kembali dengan selamat pula.

Jadi itulah kegiatan liburanku yang sebentar. Tetapi walau pun sebentar, liburan ini terasa sangat lama. Tidak terasa, waktu liburan sudah habis. Sejenak aku berpikir, apa yang sudah aku lakukan pada liburan kali ini. Yah, walau bagiku yang memang tinggal di asrama sekolahku, hampir tak ada perbedaan ketika sekolah dan libur. Perbedaan yang ada hanya kekosongan waktu belajar. Selebihnya terasa sama. Bangun pagi, membereskan tempat tidur, mandi, makan, dan lain sebagainya. Buruknya mungkin karena banyak waktu yang kosong, aku lebih sering bermalas-malasan di depan laptop. Namun itu sekarang juga terasa membosankan.

Ketika waktu liburan berakhir, barulah aku menyesalinya. Kenapa aku tidak melakukan kegiatan yang berguna dan produktif ketika waktu senggangku itu? Sayangnya waktu liburan telah berakhir.

Dengan berakhirnya waktu liburan dan dimulainya kembali sekolah, aku akan berusaha untuk menjadi lebih baik. Lebih bersemangat dan lebih banyak berkarya untuk kebaikan. Akhirnya aku memulai semester ini dengan do’a. Bissmillah..

 

[Fathimah NJL, Kelas 2 SMA, Pesantren Media]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s