Diary ; Ketegangan Berakhir

Sejak pengumuman finalis lomba poster yang aku ikuti, aku menjadi sedikit tegang selama seminggu. Setiap aku mengingat tentang perlombaan ini, isi perutku terasa tidak nyaman dan aku menjadi mual.

Alhamdulillah, aku terpilih menjadi salah satu dari delapan finalis lomba poster yang diadakan oleh OSIS SMAIT Insantama pada Smart Teen Competition (SMENTION) 2017. Seperti tahun lalu, Pesantren Media kembali mengikuti acara ini. Pesantren Media seperti biasa kembali mengirimkan karya Short Movie, Fotografi, Poster, dan Essay. Alhamdulillah, karya Short Movie dan Poster terpilih menjadi finalis tahun ini.

Ini pertama kalinya aku mengirimkan poster karyaku untuk dilombakan di luar sekolah. Selain ketika SD. Karena aku pernah memenangkan lomba poster ketika SD ketika aku bersekolah di SDIT Insantama. Untuk tahun ini, aku sebenarnya tidak berharap untuk menang. Bahkan aku tidak menyangka bahwa posterku akan terpilih. Walau pun tentu aku juga berharap.

Hari ini, hari sabtu tanggal 25 Februari 2017, aku datang ke Insantama untuk mempresentasikan posterku agar terpilih menjadi juara. Di Insantama aku bertemu dengan teman-teman dari Insantama dan Panatagama. Aku juga melihat peserta-peserta dari HSG Khoiru Ummah dan Pondok Modern Granada. Melihat mereka semua, perutku kembali menegang dan aku hanya bisa berdiam diri.

Acara dimulai pukul 8 pagi di panggung utama. Aku duduk bersama dengan teman-teman dari Panatagama. Suara music dari speaker terdengar sangat kencang. Sehingga kami berbicara satu sama lain dengan sedikit berteriak. Tapi karena music kencang yang memekakkan telinga itu, keteganganku sedikit tidak terasa. Namun tetap saja aku masih merasa mual.

Setelah acara pembukaan di panggung utama, semua peserta lomba dipersilahkan memasuki ruangan lomba masing-masing. Untuk presentasi lomba fotografi dan poster, digabung dalam satu ruangan. Sedangkan lomba short movie di ruangan yang terpisah. Di dalam ruangan aku bersama dengan tiga teman finalis fotografi dari Panatagama dan seorang teman finalis poster Panatagama.

Selama di dalam ruangan, tanganku tidak bisa berhenti bergetar. Aku berkali-kali memeriksa file presentasiku. Aku terus menggumamkan kalimat-kalimat untuk presentasi tanpa suara. Padahal dalam pikiranku aku terus berkata, “Santai saja. Anggap saja untuk latihan di masa depan. Jangan terlalu tegang.” Tetapi anggota tubuhku sepertinya tidak sependapat dengan kepalaku.

Aku mendapatkan urutan keempat untuk presentasi. Karena di selingi dengan presentasi lomba fotografi, maka aku akan presentasi di urutan ketujuh. Ketika memperhatikan presentator-presentator sebelumku, mereka sangat hebat. Tidak terlihat gugup ketika menjelaskan. Karya-karya mereka juga hebat. Para juri mengomentari.

Tanganku tidak bisa berhenti bergetar. Aku hanya berharap ketika giliranku tampil nanti getarannya tidak terlalu tampak.

Akhirnya giliranku tiba. Aku memberikan flashdiskku kepada operator dan slideku pun ditayangkan. Alhamdulillah, presentasiku berjalan lancar. Menurutku. Tanganku tidak bergetar. Ia bergerak sesuai kemauanku. Mungkin sudah lelah tegang tadi. Suaraku juga tidak bergetar. Semua orang focus. Selesai presentasi, para juri juga mengomentari posterku. Wah, ternyata banyak sekali komentarnya. Aku rasa karyaku belum cukup untuk dijadikan juara bagi para juri. Aku tersenyum, memberi salam kepada para juri dan kembali ke tempat dudukku.

Ketika aku duduk dan hendak minum, kulihat gelas di tanganku bergetar. Kurasakan juga kakiku bergetar. Aku tertawa pelan dan berkata dalam hati, “Tenanglah. Sudah berakhir.”

ooOoo

Pesantren Media Juara 2 Short Movie

Acara SMENTION (Smart Teen Competition) 2017 memasuki hari terakhir, Minggu, 26 Februari 2017. Kegiatan hari ini adalah seminar dan pengumuman lomba. Santri Pesantren Media sebagai finalis Short Movie dan Poster berangkat meninggalkan lokasi Pesantren Media di Desa Pemagarsari, Parung, menuju SIT Insantama Bogor pada pagi hari sekitar pukul 7 pagi.

Acara berlangsung selama setelah hari mulai jam 8.30 pagi. Seminar diisi oleh dua orang narasumber yang berkaitan. Hingga pukul 11.30, pemenang lomba diumumkan. Juara umum dari lomba SMENTION 2017 jatuh kepada Pondok Modern Granada. Pesantren Media berhasil memenangkan juara 2 pada Lomba Short Movie dengan judul film Less Of Attention.

[Fathimah NJL, Kelas 2 SMA, Pesantren Media]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s