Menjadi Muslimah Sukses

Menjadi muslimah yang sukses dan meraih keberhasilan adalah keinginan hampir semua muslimah. Tapi, mungkinkah pernah terpikirkan, bahwa menjadi sukses adalah hal yang sulit? Padahal sebenarnya, jika ada keinginan kuat yang disertai dengan usaha yang maksimal, semua yang ingin kita capai pasti bisa tercapai. Sekarang pertanyaannya, apakah kita mau memaksa diri untuk menggapainya?

Harus Punya Motivasi

Kita harus punya motivasi yang kuat untuk mewujudkan prestasi. Pepatah mengatakan, “You can if you think you can”. Kamu bisa jika kamu berpikir kamu bisa. Langkah pertama untuk mewujudkan prestasi adalah dengan berpikir bahwa kita bisa. Langkah selanjutnya adalah membiasakan diri untuk terbiasa. Karena suatu pekerjaan akan menjadi mudah jika terbiasa melakukannya. Bagaimana cara membiasakannya? Sukailah pekerjaan itu! Pasti akan menyenangkan jika kita menyukainya. Sehingga tidak ada beban ketika melakukan pekerjaan itu.

Harus Jadi Muslimah Sholihah

Tapi awal dari semuanya adalah, kita harus jadi muslimah yang sholihah. Bagaimana caranya? Menjadi muslimah yang sholihah harus dibiasakan sejak kecil. Tentu saja dalam hal ini orangtua harus ikut berperan dalam menjadikan putrinya muslimah yang sholihah. Sejak kecil, orangtua harus mengajarkan putrinya agar menjadi hamba Allah yang taat. Seperti menanamkan rasa cinta kepada Allah, Rasulullah SAW, kepada ayah dan ibu, adik dan kakak, juga ciptaan Allah yang lain. Orangtua juga harus memiliki perilaku yang mulia di hadapan putrinya. Karena kebiasaan yang baik sangat berpengaruh terhadap masa depan anak. Orangtua juga harus membiasakan anak untuk melakukan semua hal dengan ikhlas karena Allah.

Harus Selalu Menambah Keilmuan

Ilmu adalah hal yang sangat penting bagi keberhasilan. Karena ilmu adalah cahaya. Tanpa ilmu, kita tidak akan bisa melihat bagaimana harus bertindak di dunia ini. Selain itu, menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim dan muslimah. Menuntut ilmu juga harus selalu dilakukan. Mulai dari kita masih kecil, hingga kita tua nanti. Karena semakin banyak kita menambah keilmuan kita, kita akan menyadari bahwa ilmu Allah itu luas sekali dan apa yang kita miliki belum ada apa-apanya.

Harus Kreatif

Menjadi kreatif juga bisa membuka jalan. Tapi kita harus ingat. Kreatif itu tidak boleh asal. Banyak orang yang kreatif tapi tidak banyak manfaatnya. Kreatif juga harus punya target. Kalau sekedar kreatif tapi tidak punya target, karyanya bisa-bisa akan tersendat. Kemudian juga harus diingat selalu, kita harus punya rambu-rambu. Apa saja rambu-rambunya? Sejak kecil harus rajin mengaji, menghafal Al-Qur’an harus dibiasakan, lalu kita juga harus memaksa diri untuk disiplin.

Harus Selalu Berkarya

Belum selesai sampai di situ. Untuk menjadi muslimah yang kreatif itu, harus selalu berkarya. Jangan pernah malu kalau ternyata kemampuan kita hanya segitu. Kalau kita rajin mengasah kemampuan kita, semakin lama pasti akan semakin bagus. Jangan langsung menyerah jika ada komentar yang menjatuhkan semangat. Jangan juga terpengaruh oleh pujian atau celaan. Semuanya harus bisa disikapi dengan positif.

Harus Tekun dan Bersabar

“Siapa yang bersungguh-sungguh, maka ia akan mendapatkan keberhasilan”. Man Jadda Wa Jada. Pepatah ini sangat populer di institusi pesantren atau sekolah Islam lainnya. Untuk meraih kesuksesan, tentu tidak akan bisa hanya dengan sekali coba. Tetapi tidak dapat dipungkiri, pasti akan ada yang namanya jatuh bangun. Tidak apa-apa jika gagal. Tapi jangan lantas menyerah. Teruskan apa yang sudah dimulai. Biarkan kegagalan itu menjadi pelajaran berharga. Karena pengalaman adalah guru terbaik dalam meraih kesuksesan.

Menjadi kreatif dan produktif alangkah baiknya bila tujuannya adalah untuk kebaikan masa depan Islam. Buat apa kita berkarya kalau bukan untuk beramal sholih. Hasilnya pasti akan lebih memuaskan. Allah juga pasti akan meridhoi. Dan jangan lupa untuk selalu berdo’a agar kita selalu dalam kebaikan. Karena hanya dengan adanya kasih sayang dan keridhoan dari Allah, prestasi seperti apapun akan lebih berkah dan bermanfaat.

Point terakhir, kesuksesan yang paling sempurna adalah ketika kita berhasil memasuki pintu surga nanti. Karena itu, sukses yang harus kita cari adalah kesuksesan untuk akhirat. Jangan hanya mencari kesuksesan dunia. Kenapa? Karena jika kita hanya mencari kesuksesan dunia, ingatlah! Bahwa kehidupan dunia itu hanyalah sementara. Dan kita semua akan kembali kepada Allah jika telah sampai waktunya. Tetapi jika kita mencari kesuksesan akhirat, Insya Allah dunia juga akan mengikuti kita. Karena Allah akan ridho kepada kita.

 

[Fathimah NJL, Kelas 2 SMA, Pesantren Media]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s