Posted in diary, Feature

Persiapan Menuju Kedewasaan

Halo, Sobat blog santri!

 

Ceritanya, nih, kali ini si akhwat-calon-lulusan-pesantren-media ini akan menceritakan tentang kiat-kiat dalam menghadapi kenyataan bahwa kita akan lulus dari institusi wajib sekolah. Haduh! Ngomong apaan, sih? Jadi gini, sobat setia pembaca curhatan si akhwat (yang nulisnya sesuka hati), fakta terkininya adalah semester ini akan menjadi semester terakhir si akhwat. Huhuhu (Setengah nangis setengah senyum).

 

Memikirkan bahwa status akan berubah dari siswa menjadi (calon) mahasiswa (Aamiin, atuh!), membuat si akhwat merasa semakin khawatir. Wuis, gaya banget. Khawatir apaan? Iya, dong! Kan ceritanya dunia bakal berubah. Bukan dunia universal, kok. Tapi dunia si akhwat tentunya. Yang tadinya masih bisa dianggap anak-anak yang unyu-unyu dan masih disayang-sayang sama uminya, harus mulai membiasakan diri untuk menjadi calon umi-umi. Waduh! Kejauhan itu, mah!

 

Ada kiat-kiat, nih, dari si akhwat buat dirinya sendiri juga buat sobat blog sekalian.

Continue reading “Persiapan Menuju Kedewasaan”

Posted in Feature, Karya Santri

Fokus; Bicara tentang Pemuda

Bicara tentang pemuda. Banyak tersiar dalam media massa tentang kelakuan buruk para pemuda saat ini. Walau pun tentunya ada juga pemuda yang membuktikan bahwa dirinya mampu untuk berprestasi atau melakukan hal-hal positif yang berguna bagi umat Islam. Namun, tidak terhitung lagi kerusakan-kerusakan para pemuda di era Kapitalisme ini. Tentang itu, tentu menjadi berita yang mengkhawatirkan bagi masa depan Islam.

Meski begitu, tidak bisa dibilang tidak ada pemuda yang memiliki kreatifitas yang membanggakan. Kebanyakan mereka diketahui oleh dunia bahwa mereka bisa menghasilkan sesuatu yang berarti. Namun, perlu kita ketahui dan pahami bahwa hasil sebenarnya yang harus kita capai bukanlah ketenaran atau materi semata. Tetapi pencapaian sebenarnya adalah bagaimana kita sebagai pemuda mampu melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Dan sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain dan umat Islam. Continue reading “Fokus; Bicara tentang Pemuda”

Posted in Feature

TIPE-TIPE SANTRI

Baik hati, suka menabung dan menyiram tanaman, tidak sombong, itu adalah ciri-ciri dari status seseorang yang bernama santri. Hehehe… Nggak bercanda, loh. Namanya santri, atau anak pesantren emang kudu menjalankan kehiduan sehari-hari dengan sifat yang mulia. S-A-N-T-R-I. Harusnya emang identik dengan segalanya yang islami.

Eits, tapi inget, guys. Santri juga manusia. Ada juga gaya-gaya yang menjadi cirri khas dari masing-masing santri. Oke, deh. Nyambung, kan, sekarang bahasannya ke mana. Ane kali ini mau ‘menuturkan’ tentang TIPE-TIPE SANTRI. Langsung aja. Cekidot! Continue reading “TIPE-TIPE SANTRI”

Posted in Feature

Menjadi Muslimah Sukses

Menjadi muslimah yang sukses dan meraih keberhasilan adalah keinginan hampir semua muslimah. Tapi, mungkinkah pernah terpikirkan, bahwa menjadi sukses adalah hal yang sulit? Padahal sebenarnya, jika ada keinginan kuat yang disertai dengan usaha yang maksimal, semua yang ingin kita capai pasti bisa tercapai. Sekarang pertanyaannya, apakah kita mau memaksa diri untuk menggapainya? Continue reading “Menjadi Muslimah Sukses”